fZ0wnZo24KnAqSacFaUvGbpSgxuSq9CFoTlwnowj

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di HP

Cara mengirim surat lamaran kerja via email atau lewat HP online baik itu GMAIL atupun YAHOO harus memiliki tatacara yang baik dan benar supaya surat bisa cepat dipanggil HRD perusahaan.Anda harus benar-benar mengerti contoh serta bagaimana langkah membuat sebelum memutuskan untuk mengirimkan surat untuk melamar pekerjaan tersebut.

Tatacara mengirim lamaran kerja lewat email bisa anda lakukan di hp atau laptop. Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana membuat tulisan yang menarik dan berkas scan yang anda lampirkan atau upoload dalam surat yang anda kirim.

Mengirim Lamaran Kerja Via Email 

tatacara mengirim surat lamaran pekerjaan via email yang benar

Sekarang ini proses rekruitment calon tenaga kerja sudah banyak mengalami peningkatan seiring dengan kemajuan zaman. Sudah tidak menggunakan surat fisik lagi tetapi sudah menggunakan sarana e-mail.

Email lamaran kerja adalah sebuah email yang berisi permohonan lamaran kepada sebuah perusahaan dari seorang pencari kerja.

Isi didalamnya hampir sama persis dengan mengirim surat lamaran kerja fisik yang dikirimkan langsung, bedanya ini menggunakan media internet online.


Tujuan surat lamaran kerja via email


Lalu apa sebenarnya tujuan mengirim surat lamaran kerja menggunaka media online atau email?

Jawabanya sangat sederhana, yaitu : Untuk menghemat ruang dan waktu seleksi calon karyawan dikarenakan sekarang jumlah pencari kerja sangat banyak, bisa mencapai angka ribuan orang.

bayangkan jika semua pelamar kerja menggunakan kertas fisik, akan sangat ribet untuk menyeleksi satu persatu berkas tersebut.

Dengan mengirim lamaran kerja menggunakan sarana email, maka paling tidak pekerjaan HRD perusahaan akan sedikit lebih simple dan mudah.


Hal penting ketika melamar kerja via email


Beberapa waktu yang lalu saya sempat ngobrol dengan salah satu teman HRD saya dan ada percakapan yang menarik di sana, berikut sedikit cuplikan percakapan tersebut :

teman ( hrd ) : minggu ini kepala pusing banget berasa mau rontok rambut bro
saya     : HI-V kali?
temen  : gundulmu,bukan nyet.Seleksi berkas via e-mail bikin pusing,males
saya     : kenapa males?
temen  : semua nya monoton dan nggak menarik,gede gede lagi file nya,buang-buang waktu


Nahh dari obrolan singkat di atas,saya ambil kesimpulan,kalau kita ingin melamar kerja via online,kuncinya berarti 2 hal :
  • ukuran file jangan terlalu besar
  • berkas harus menarik dan sesuai dengan persyaratan

- Kenapa ukuran file harus kecil?


Jika ada lowongan pekerjaan pasti jumlah pelamarnya tidak sedikit bukan?ada puluhan atau bahkan ratusan pelamar pekerjaan yang mengirim berkas permohonan mereka.Karena banyaknya itulah yang menjadi alasan kenapa ukuran file tidak boleh terlalu besar.

Dengan semakin kecil,semakin cepat di buka dan tidak membuang waktu lama untuk menyeleksinya.



- Berapa ukuran file lamaran via email yang benar?

  • kompres dulu file supaya ukuran lebih kecil,bisa via jasa online dan 200 kb per file sudah    sangat maksimal
  • usahakan saat kompres file,ambil ukuran terkecil tapi kualitas scan nya masih bagus
  • kirim file yang penting saja,jangan terlalu banyak,inti intinya saja 

Ini merupakan hal penting yang sangat sering dilupakan oleh para pelamar pekerjaan.Untuk mengatasi ini,silahkan kompreslah dahulu berkas anda.Anda bisa gunakan website compresor file yang banyak terdapat pada google,atau mungkin kalian bisa menggunakan jasa dari orang lain.

Tetapi saya lebih menyarankan memakai yang pertama,karena selain menghemat biaya,anda juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih.Dan tentunya jika anda sudah mahir,kedepanya anda tidak perlu bingung jika harus mengirim melamar ke sebuah perusahaan yang mengharuskan menggunakan email.
Jika ukuranya sudah benar,jangan lupa untuk membuatnya semenarik mungkin,karena semakin menarik,tentu akan semakin mengundang ketertarikan pihak penyeleksi untuk memanggil anda dalam proses selanjutnya.Lantas bagaimana lamaran yang menarik itu?silahkan lanjutkan membacanya.

BACA :



 

Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan via Email YANG MENARIK



Setelah anda tau dan mengerti berkasnya harus bagaimana,sekarang adalah bagian suratnya.Bagaimana membuatnya menarik baik dari segi tulisan dan formatnya,supaya pihak HRD tertarik memproses berkas yang anda kirim.

Lalu,bagaimana membuatnya menarik? Ada banyak hal yang harus anda lakukan jika ingin membuatnya menjadi menarik,antara lain :
  • Berkasnya benar ( sesuai permintaan/persyaratan )
  • Format atau kerangka e-mailnya baik
  • Kalimat atau kata-katanya bagus dan profesional
  • Nama e-mailnya benar ( baca penjelasanya dibawah )

Setelah anda tahu POIN POKOK diatas,sekarang waktunya pembuatan dan melakukan pengiriman berkasnya.Pastikan anda sudah memiliki berkas yang akan di upload terlebih dahulu,setelah itu,mulailah dengan langkah membuat lamaran kerja lewat email dan berikut langkahnya :


1. Wajib memiliki email aktif


Sebelum memutuskan untuk mengieim lamaran pekerjaan via email, tentu saja anda harus memiliki email aktif ( bisa GMAIL ataupun YAHOO.

Secara umum, email yang digunakan adalah GMAIL. Tetapi anda bisa membuat 2 email sekaligus dan mengirimkan surat lamaran kerja via email menggunakan KEDUA EMAIL tersebut.


2. Sudah punya file berkas yang di scan PDF


Selanjutnya anda harus me SCAN berkas lamaran menjadi format PDF. Jadi semua berkas fisik yang sudah di siapkan, anda scan semuanya menjadi file PDF.

Kenapa file PDF?


Ini adalah bentuk atau format umum yang digunakan ketika mengirim lamaran kerja lewat email, karena dengan format ini, hasil scan berkas anda akan tetap terlihat jernih.

Apa saja berkas yang di scan untuk melamar kerja via email?


Untuk berkas yang di scan antara lain :
  • Ijasah asli
  • SKHUN asli
  • KTP asli
  • SKCK asli
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Kartu Kuning
  • Pas foto berwarna 4x6
  • Sertifikat pengalaman kerja ( jika ada )
  • Transkrip nilai asli
  • Surat lamaran kerja

Jika ini semua sudah siap, maka saatnya untuk proses utama dari pengiriman surat lamaran kerja via email.

3. Membuat nama pada lamaran


Saya anggap berkas sudah anda siapkan dengan lengkap dan ukuranya juga sudah benar, langkah selanjutnya adalah tahap awal dalam membuatnya,silahkahn log in ke akun mail anda,baik itu g-mail atau yahoo sama saja prosesnya.

Pertama adalah membuat sebuah nama yang baik,karena inilah yang pertama kali akan terbaca oleh pihak peyeleksi berkas anda.Jadi silahkan seting dulu dengan benar dan buatlah nama pengguna se profesional mungkin,semakin bagus semakin baik.Silahkan lihat contoh dibawah :



panduan untuk tatacara mengirim surat lamaran pekerjaan via email yang baik dan benar
   

lihat yang saya lingkari di atas,jangan sampai membuat nama yang alay ketika mengirim lamaran kerja via email.Semakin profesional sebuah nama akan semakin besar kesempatan anda di panggil untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Anda bisa gunakan nama seperti :

  • adrian maulana
  • adrian_maulana
  • Lamaran_kerja_adrian_maulana

Silahkan di kreasikan sendiri,tetapi anda harus ingat apa yang saya katakan di atas yaitu " Jangan gunakan nama yang asal asalan ".


Cara mengubah nama atau setting nama email di GMAIL bagaimana?

Jika nama email anda terlanjur " jelek ",anda bisa mengubah nama anda menggunakan langkah berikut :
  • Jangan gunakan aplikasi ( karena sedikit ribet ) langsung buka google dan ketikan GMAIL.COM
  • Silahkan masuk ke akun anda
  • Pada bagian kanan atas ( ingat yaa,di websitenya,bukan di aplikasinya ) klik " setting/pengaturan "
  • Klik " Akun dan Import "
  • Cari tulisan " kirim sebagai " dan klik
  • Silahkan isikan nama sesuai keinginan anda
  • Klik simpan
Dengan langkah diatas,walaupun ALAMAT GMAIL anda ( divjjoujfbskndbf@gmail.com ) misalnya,itu tidak masalah,karena dengan pengaturan nama seperti diatas,nama yang anda isikan itu yang akan terlihat dan tampil ketika mengirim lamaran kerja ke perusahaan.


Cara mengubah nama email di YAHOO

Jika anda menggunakan yahoo,langkah penggantian nama bisa anda lakukan sebagai berikut :
  • Tidak usah pakai aplikasinya,langsung ketik saja di google,yahoo.com
  • Silahkan masuk ke akun email anda
  • Klik " setting/pengaturan "
  • Pilih " account/akun "
  • Pilih " akun email yahoo "
  • Silahkan isikan nama sesuai keinginan anda
  • Pilih " simpan "
  • Selesai

Sekarang nama pengirim sudah bagus, tinggal menuju langkah selanjutnya. Ingat yaa ( YANG DIUBAH BUKAN ALAMATNYA,HANYA NAMA PENGIRIMNYA SAJA ). Kalau mengubah alamat,anda tidak bisa melakukanya selain membuat akun mail yang baru ( tidak perlu ).


4. Isikan alamat dengan benar


Selanjutnya,silahkan mulai memproses lamaran anda,tapi pastikan alamat anda tuliskan dengan TEPAT ( jangan sampai salah 1 huruf pun ).Karena jika sampai salah,sudah pasti akan salah kirim atau bahkan tidak terkirim.

Banyak kasus dimana pelamar mendapati notifikasi " mail demon failure " dikarenakan salah dalam menuliskan nama alamat tujuan.

Ada beberapa tips untuk anda pada tahapan ini :
  • Usahakan penulisan alamat tepat dan pastikan alamat masih aktif digunakan
  • JANGAN MENGIRIMKAN KE BANYAK ALAMAT SEKALIGUS!
  • Jika anda ingin mengirim ke banyak perusahaan,silahkan kirimkan satu per satu
  • TIDAK PERLU menggunakan fungsi CC dan BCC ( kosongkan saja itu )

Banyak sekali yang mengirimkan pertanyaan,bagaimana jika kita mengirimkan lamaranya RANDOM alias ke banyak perusahaan sekaligus.Langkah itu sah-sah saja dilakukan,tetapi SAYA SARANKAN UNTUK TIDAK MELAKUKANYA.

Selain untuk menghindari kesalahan,, mengirim surat lamaran kerja seperti itu sangat sering terjadi error.Jika anda lebih suka mengirimkan secara RANDOM,silahkan saja,itu tidak masalah.


5. Mengisi bagian-bagian body email


Jika nama sudah dirasa baik dan benar,silahkan mulai mencantumkan berkasnya,tetapi sebelum itu,pastikan alamat perusahaan anda tulis dengan benar.

- Kepada/TO

Ini adalah bagian untuk mengisikan alamat email perusahaan yang anda tuju.

Untuk bagian CC nya tidak perlu di isi karena itu digunakan ketika anda menginginkan berkas anda bisa dilihat pihak ketiga.Jadi untuk CC nya silahkan dikosongi saja.

- Subject

Mulailah mengisi " subjek " nya.Tidak perlu terlalu panjang lebar,yang penting singkat,padat dan jelas.

Bisa anda isi dengan :
  • Lamaran pekerjaan
  • Lamaran pekerjaan operator
  • Lamaran pekerjaan QC
Atau apapun silahkan di kreasikan,ini bertujuan memberitahukan pihak perusahaan,berkas anda itu isi nya soal apa,tujuan nya untuk apa,jadi tulis saja singkat padat dan jelas.

- Body email

Silahkan mengisi badan emailnya,Yang saya maksud di sini adalah kolom kosong yang tersedia untuk menulis kalimat atau kata-kata.

Pada bagian ini beberapa orang memiliki argumen atau pendapat sendiri sendiri.Ada yang beranggapan jika bagian ini tidak perlu di isi dengan kata kata.Tetapi ada pula yang beranggapan jika bagian ini harus di isi.

Kalau saya cenderung pada opini untuk mengisi nya.Anda bisa mengisinya dengan kalimat contoh seperti ini :

 " Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari website resmi perusahaan ( perusahaan tempat anda melamar ) dimana perusahaan sedang membutuhkan ( lowongan yang di butuhkan ) saya dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut.

Adapun berkas berkas sebagai bahan pertimbangan sudah terlampir. Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak?Ibu pimpin.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih."


Itu hanya contoh saja,mau di isi apa,itu terserah anda,yang penting anda sudah tau inti dari kalimat yang saya contohkan di atas.Kalaupun anda ingin mengosonginya,itu sah-sah saja,tetapi menurut pendapat saya,isi saja,untuk lebih terkesan anda lebih sunguh-sunguh dalam menguirim surat lamaran kerja.




panduan menulis bodi surat lamaran kerja via email




6. Melampirkan / Upload berkas


Jika semua sudah terisi,saatnya anda menyantumkan berkas yang sudah anda persiapkan sebelumnya.Saya ulangi lagi,berkas harus sesuai persyaratan dan ukuranya tidak boleh terlalu besar.Langkah mengupload berkasnya adalah sebagai berikut :

urutan berkas lamaran kerja lewat email


  • Klik icon atau simbol seperti penjepit kertas di bagian kanan bawah ( di antara deretan simbol atau icon di sebelah tulisan kirim )
  • Silahkan upload satu persatu ( untuk opsi ke 1 )
  • Silahkan upload file dalam bentuk ZIP atau RAR ( untuk opsi ke 2 )
  • Setelah semua terisi lengkap dan dirasa sudah yakin,silahkan klik " KIRIM "
  • Selesai

Adapun berkas yang umum digunakan adalah sebagai berikut :
  • Scan ijasah asli ( kalau bisa di legalisir dulu )
  • Scan SKHUN ( kalau bisa juga di legalisirkan )
  • Scan transkrip nilai
  • Scan KTP
  • Scan SKCK
  • Scan foto berwarna terbaru
  • Scan berkas lain yang diminta perusahaan ( ada pada informasi lowongan biasanya )
Untuk menambah bobot nilai dari berkas anda,silahkan cantumkan file nya dengan " legalisir resmi " nya.Kalau bisa semuanya di legalisir,baru anda scan.Ini bertujuan untuk menambah keabsahan berkas anda dan menandakan bahwa semua itu asli dan benar adanya.


Berkasnya upload satu-satu atau dibuat file ZIP/RAR?


Kedua opsi itu sama baiknya.Jika di upload satu per satu dirasa terlalu BESAR FILEnya,silahkan anda buat file ZIP/RAR.Kalau saya pribadi,biasanya mengirimkan lamaranya 2 kali ke 1 alamat perusahaan.

Yang satu berkasnya saya upload satu-satu,dan yang satunya saya upload dalam bentuk file ZIP atau RAR.

TAMBAHAN


Kenapa lama tidak ada panggilan?


Banyak faktor penyebabnya,antara lain
  • Berkas yang anda kirim " KURANG BERBOBOT " atau asal-asalan 
  • Tidak sesuai dengan persyaratan ( persyaratan umur 20 thn,kalian umur 30 thn ) jelas di tolak
  • Berkas yang anda kirimkan kurang lengkap
  • Berkas anda terlalu besar ( penyeleksi tidak punya waktu lama untuk membuka file )
  • Bahasa anda tidak bagus atau tidak formal ( menulislah dengan EYD )
  • Banyak berkas yang tidak valid ( ini gunanya legalisir )
  • Waktu mengirim salah ( usahakan masih dibuka lowongan dan pada jam kerja )
  • Mengirim file sampah ( hasil manipulasi atau editan ) yakin penyeleksi sebodoh itu?
Jika memang semua sudah sesuai,tetapi tidak ada panggilan,itu berarti TUHAN belum memberi jalan,terus berusaha dan jangan menyerah.Tapi sebelum kalian ambil kesimpulan " Belum rezeki "
cobalah berkaca sejenak apakah BERKAS YANG DI KIRIM SUDAH BAGUS!!.

Keuntungan melamar pekerjaan lewat online

Keuntungan yang bisa kita peroleh jika menggunakan cara ini adalah :
  • Menghemat waktu
  • Menghemat tenaga
  • Menghemat uang
  • Bisa dikirim ke ratusan bahkan ribuan perusahaan dengan satu paket berkas yang ada
  • Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun 

Kerugian melamar pekerjaan lewat online

Tetapi selain keuntungan,kita juga mendapat beberapa kerugian antara lain :
  • Harus mempunyai koneksi internet
  • Bisa gagal kirim karena koneksi jelek
Mengingat peluang kerja 2019 sangat susah,anda harus benar benar memaksimalkan teknologi yang ada,selain harga nya murah,mengirim file lamaran via internet juga mempunyai nilai lebih tersendiri,jadi baca baik baik iklan lowongan pekerjaan nya.

Jika anda memutuskan untuk melanjutkan untuk meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi,ada baiknya anda fahami jurusan kuliah yang gampang untuk mencari pekerjaan pada artikel saya yang lainya,supaya anda tidak salah dalam memilih jurusan perkuliahan dan menyesal nantinya.Dan mungkin artikel berikut juga bisa menambah pengetahuan anda :

Baca Juga :





Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di hp Android atau lewat Laptop itu sama saja prosesnya dan tujuanya juga sama yaitu supaya cepat dipanggil HRD.Yang membedakan hanya perangkat yang kalian gunakan.Semoga panduan di atas bisa membantu kalian dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik.Terimakasih sudah membaca.

6 komentar

Silahkan berkomentar dan jika ingin mengetahui apakah sudah dibalas,sering seringlah membuka artikel ini secara berkala.
  1. Saya ingin bertanya, semua berkas yang sudah discan langsung diupload atau dimasukkan kedalam MS Word atau bagaimana? Terima Kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah di scan,langsung upload saja.Bisa anda jadikan file zip atau rar,atau bisa juga diupload satu persatu.Anda bisa kirimkan 2 email dengan format berkas yang berbeda,yang satu formatnya zip/rar,yang satu anda upload satu persatu.Semoga membantu.

      Hapus
  2. Terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
Latihan Soal Psikotes Online
Latihan Soal Psikotes Online
Artikel Terbaru