Saya akan mencoba menjelaskan beberapa hal penting berkaitan dengan penggunaan email gmail dan yahoo untuk melamar kerja supaya anda tidak lagi memikirkan hal ini.Silahkan baca dan fahami semua yang saya tuliskan dalam artikel kali ini dengan seksama.
Bagus Gmail atau Yahoo
Gmail dan Yahoo merupakan sebuah layanan yang diciptakan untuk bertukar surel atau file apapun antar sesama akun terdaftar.Berbagai file atau berkas bisa dikirimkan menggunakan layanan ini,itulah kenapa para pencaker dan perusahaan menggunakan sistem ini untuk proses perecruitan calon karyawan mereka.
Perbedaan Gmail dan Yahoo apa?
Saya akan memulai penjelasan kali ini dengan letak perbedaanya.Untuk fungsinya saya bisa katakan " SAMA SAJA " yang menjadi pembedanya adalah : Jika gmail merupakan layanan yang dikelola oleh pihak google,sedangkan yahoo adalah layanan yang dikelola oleh Yahoo/Bing.
Jadi beda antara keduanya hanya terletak pada pengelolanya saja.Beda yang lainya tentu saja ada di dalam tampilanya,tetapi walaupun tampilanya berbeda,tatacara pengirimanya sama persis.
File yang bisa dikirm apa saja?
Kedua jenis layanan ini bisa mengirimkan berbagai macam berkas,antara lain :
- Zip
- Rar
- Docx
- Jpg ( gambar )
- Tulisan manual
Dan keduanya bisa mengirimkan semua jenis file diatas ( jadi dalam point ini bisa diabil kesimpulan bahwa keduanya memiliki bobot yang sama ).
Point yang dinilai ketika HRD menyeleksi lamaran yang masuk via email
Ada beberapa hal atau point yang menjadi tolok ukur penilaian seorang HRD atau penyeleksi calon karyawan dalam melakukan seleksi awal ( khususnya untuk yang mengirim lamaranya lewat email ),antara lain :
- Nama pengguna
Saya akan jelaskan sedikit : Jika anda 2 orang pelamar kerja yang mengirimkan lamaran mereka secara bersama-sama dengan username yang berbeda,cotohnya :
- Si Budi menggunakan nama : budiyangtampandantidaksombong
- Si Arif menggunakan username : Arif_Rahmat_Setiawan
Dari penggunaan namanya saja,HRD akan menganggap si budi TIDAK PROFESIONAL/hanya main-main saja,padahal bisa saja kenyataanya tidak seperti itu.Untuk anda yang mungkin namanya ingin diubah,silahkan ikuti panduan dibawah.
BACA :
- Tujuan/Subject Email
Point selanjutnya adalah tujuan atau subjek yang anda isikan.Saya sarankan untuk mengisi subjecy dengan kalimat seperti ini : Lamaran _Pekerjaan atau bentuk yang lainya dengan penulisan padat singkat dan jelas.
Jika ada beberapa kata,gunakanlah GARIS PENGHUBUNG seperti yang saya contohkan diatas.Atau anda juga bisa menuliskan langsung menggunakan spasi saja.
- Kelengkapan Berkas
- Isi body emailnya
- Besar kilobyte dari berkas anda ( ukuran maksimal dari sebuah email untuk melamar pekerjaan biasanya tidak lebih dari 300kb )
- Kejelasan berkas yang anda lampirkan ( walaupun berkasnya anda kompres,tetapi usahakan untuk menjaga tampilanya supaya tetap jelas )
KESIMPULAN
Dari berbagai hal yang dinilai diatas,penggunaan layanan ( G-MAIL/YA-HOO ) tidak menjadi point penilaian.Jadi anda bebas untuk menggunakan yang mana saja.
Anda hanya perlu memperhatikan " point penilaian " saja seperti yang saya jelaskan diatas supaya surel yang anda kirimkan bisa menarik perhatian HRD.
TAMBAHAN
Saya akan memberikan sedikit tips untuk anda yang mungkin ingin melamar pekerjaan menggunakan email khususnya pada point " pemilihan waktu ".
Kenapa pemilihan waktu sangat penting? Karena jika anda mengirimkanya SALAH WAKTUnya,maka berkas yang anda kirimkan akan sia-sia saja.Adapun waktu-waktu yang pas untuk mengirimkan sebuah lamaran kerja antara lain :
- Usahakan mengirimkan pada hari kerja antara hari senin-jumat
- Kirimkan pada jam kerja antara jam 7 pagi sampai jam 4 sore
- JANGAN mengirimkan secara berulang-ulang ( jika memang terpaksa,kirimkan 2 email dalam 1 hari menggunakan akun yang berbeda ) dan anda bisa mengulanginya 2 sampai 3 hari kedepan
BACA :
Demikian pembahasa tentang cara mengubah nama pengirim di gmail dan yahoo lebih bagus yang mana jika digunakan untuk melamar kerja.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Posting Komentar