Ketika transaksi di bukalapak shopee atau tokopedia gagal maka uang akan dikembalikan ke pembeli lalu bagaimana cara mencairkan atau mengambil saldonya? Jika pada saat proses pembelian anda mengikuti petunjuk yang benar,seharusnya anda bisa mengurus dana yang masuk tersebut.
Mencairkan/Menarik Uang yang Dikembalikan di Bukalapak,Shoppe dan Tokopedia Bagi Quic Buyer
Quick buyer adalah istilah untuk pembeli online baik itu di bukalapak,shopee ataupun tokopedia yang ketika mereka memesan barang tidak mendaftarkan atau tidak membuat akun terlebih dahulu.
Hal ini memang diperbolehkan oleh pemilik marketplace online tersebut,hanya saja akan ada sedikit kerepotan nantinya,khususnya ketika mengurus dana yang sudah terlanjur di transfer tapi transaksi gagal.
Uang yang sudah terlanjur dibayarkan memang akan dikembalikan,hanya proses penarikanya agak sedikit rumit.
Point intinya : UANGNYA AKAN TETAP DIKEMBALIKAN.
Jika begitu,bagaimana langkah-langkah pengambilan atau pencairan uang yang dikembalikan pihak bukalapak,shoppe atau tokopedia bagi pembeli tanpa log in alias quick buyer? :
1. Pastikan Menuliskan Email Aktif
Jika anda ingat-ingat kembali,ketika pertama kali membeli barangnya,pasti anda pernah mengisi sebuah halaman/form yang didalamnya berisi :
- Nomor telepon
- Alamat
- Dan seterusnya
Syarat pengambilan dana yang utama memang email ini.Kenapa?
Karena ketika transaksi gagal,maka sistem otomatis akan memberikan email kepada anda yang memberitahukan bahwa transaksi gagal dan memberikan opsi/pilihsn untuk mencairkanya ( berupa link/tautan aktif ).
Link itu,jika anda " klik " akan mengarahkan anda pada sebuah halaman ( lanjut nomor 2 nanti ).
- Saya lupa emailnya/saya isi dengan email yang asal-asalan bagaimana?
Tenang saja,masih ada jalan.Silahkan teruskan membaca.
2. Cek Email Masuk
Jika emailnya benar,anda akan menerima pesan yang kurang lebih isinya seperti ini :
Baik itu di BL,SHOPPE ataupun TOKPED pasti emailnya akan mirip seperti itu.Mungkin bahasa dan tampilanya beda,hanya saja point " mencairkan uangnya " akan tetap sama saja.
Silahkan KLIK atau tekan tulisna yang saya lingkari seperti digambar atas.
Kalau LAZADA,BLIBLI,ALIEXPRES dan lainya saya belum pernah coba.
3. Isi Alamat Bank Tujuan
Setelah anda ikuti langkah nomor 2,maka akan muncul halaman yang kurang lebih seperti ini :
- Jumlah : Silahkan isi dengan berapa jumlah yang ingin anda cairkan ( USAHAKAN ANGKA SAMA PERSIS DENGAN SALDO YANG DIKEMBALIKAN,BAHKAN JANGAN SAMPAI SALAH SATU ANGKAPUN )
- Email : Isi dengan email sama seperti yang anda gunakan saat membeli/email yang menerima pesan itu
- Pilih Rekening : Di isi dengan NAMA PEMILIK REKENING TUJUAN ( HARUS SAMA DENGAN YANG DI BUKU TABUNGANYA )
- Nama bank : Di isi dengan bank tujuan ( BRI,BCA,MANDIRI,BNI ataupun yang lainya )
- Nomor rekening : Isikan dengan nomor rekening ( jangan sampai salah )
- Atas nama ; Isi dengan nama yang sama persis dengan buku tabungan atau point sebelumnya
- Klik " cairkan/proses/tarik " atau apapun tulisanya sesuai dengan aplikasi online market yang anda gunakan
- Selesai
4. Cek Email Konfirmasi
Setelah proses diatas selesai,dalam waktu 1x24 jam atau sesuai ketentuan,maka anda akan mendapatkan email yang berisi informasi mengenai penarikan diatas.
Ada 2 email.
Yang pertama hanya sebagai pemberitahuan bahwa anda ingin melakukan tarik dana,kemudian yang kedua berisikan pemberitahuan bahwa uang anda berhasil di transferkan atau dicairkan.
- Berapa lama ?
Untuk lamanya tergantung dari onlinemarket yang anda gunakan.Beda aplikasi biasanya berbeda.Ada yang 1 hari,2 hari bahkan 3 hari.
- Mas,saya lupa email saya bagaimana?
Untuk anda yang lupa email untuk menarik uang yang dikembalikan di bukalapak shopee atau tokopedia,anda bisa melakukan langkah berikut :
- Siapkan nomor transaksi ( bisa anda tulis ) yang biasanya setiap transaksi akan diberikan nomor
- Bisa nomor pesanan/nomor booking atau apapun itu
- Telfon/hubungi custumer service pusat
- Katakan masalah anda
- Biasanya CS akan menanyakan nomor pesanan ( silahkan sebutkan nomor pesanan anda )
- CS akan membantu anda
- Ikuti instruksi dari customer service
- Lupa email,nomor pesanan tidak ada ( TIDAK TAU SEMUANYA )
Jika seperti itu,coba untuk inbol atau tanyakan ke penjual yang melakukan transaksi dengan anda.Hubungi sampai mereka membalas pesan anda.
Tanyakan ke penjual,biasanya si penjual juga akan mendapatkan notifikasi berupa nomor pesanan ( mungkin saja bisa berguna ).
Mau bagaimana lagi,lawong lupa semuanya,yang penting berusaha kan?
Demikian panduan atau cara untuk mencairkan uang bagi pembeli quick buyer tanpa log in serta tidak punya/mendaftarkan akun di bukalapak,shopee dan tokopedia.Semoga membantu,see uu.
Posting Komentar