fZ0wnZo24KnAqSacFaUvGbpSgxuSq9CFoTlwnowj

Struktur Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang digunakan untuk melamar kerja saya akan jelaskan lengkap dengan contohnya. Susunan atau urutan ini yang akan dijadikan penilaian HRD selain berkas lampiran dan bentuk tulisan.


Struktur surat lamaran kerja sebenarnya hampir sama untuk semua jenis proposal permohonan bekerja,yang membedakan hanya berkas yang anda lampirkan dan kata-kata yang anda tulis saja. Setelah penjelasan contoh surat lamaran kerja fresh graduate kemarin, kali ini saya akan menjelaskan untuk anda dari point ke point secara lengkap.



Penjelasan Tentang Struktur Surat Lamaran Kerja


Mencari pekerjaan impian bukan hal mudah, apalagi di era persaingan yang ketat seperti sekarang. Salah satu kunci sukses dalam melamar kerja adalah memiliki surat lamaran yang menarik dan profesional. Tapi, bagaimana cara membuat surat lamaran yang bisa memikat hati HRD? Jawabannya terletak pada struktur surat lamaran kerja yang tepat.


Apa itu Struktur Surat Lamaran Kerja?

Struktur surat lamaran kerja adalah susunan atau format standar yang digunakan dalam menulis surat lamaran. Ini bukan sekadar formalitas, lho. Struktur yang baik membantu HRD memahami informasi penting tentang Anda dengan cepat dan efisien.


Struktur lamaran kerja juga bisa diartikan sebuah kerangka baku pembuatan surat permohonan bekerja di sebuah perusahaan yang digunakan untuk menyusun sebuah teks sehingga menjadi sebuah proposal yang baik khususnya untuk penilaian calon pekerja di mata HRD perusahaan.


Pentingnya Struktur Surat Lamaran Dalam Proses Rekrutmen

Kenapa sih struktur surat lamaran penting banget? Simple aja, HRD itu sibuk dan punya banyak lamaran untuk diperiksa. Surat lamaran yang terstruktur dengan baik membuat pekerjaan mereka lebih mudah dan meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan.

Yuk, kita bahas bagian-bagian penting dalam struktur surat lamaran kerja

Susunan atau bentuk baku proposal permohonan bekerja berbeda dengan susunan proposal lain seperti proposal kedinasan,proposal bisnis atau proposal penjualan.



Struktur Surat Lamaran Kerja dan Contohnya


Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang benar terdiri dari beberapa bagian,diantaranya :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Alamat atau tujuan surat
  • Pembuka
  • Isi
  • Lampiran atau berkas
  • Penutup
  • Nama dan tanda tangan pelamar kerja

Secara umum atau yang paling sering digunakan dan sudah menjadi krangka baku adalah seperti yang saya sebutkan diatas.

Untuk informasi lain seperti riwayat pendidikan kemudian riwayat penglaman kerja,bisa anda tuliskan di CV atau daftar riwayat hidup.

Jadi,anda tidak boleh sampai salah dalam implementasinya nanti.Hindari pemikiran jika sebuah proposal permohonan bekerja semakin panjang akan semakin bagus,ITU SALAH!


struktur surat lamaran jika dibuatkan dengan contoh gambar,kurang lebih seperti berikut :


struktur surat lamaran pekerjaan yang benar


struktur lamaran kerja jika dibuat detail kurang lebih ada 7 bagian seperti yang tertera pada gambar.Saya akan jelaskan satu persatu :


 Nomor 1 ( Tanggal Surat )


Ini adalah tempat untuk penulisan tempat dan tanggan dibuatnya proposal.Letaknya di sebelah pojok kanan atas.

Untuk penulisanya,biasanya seperti ini : Semarang,12 Januari 2022 atau Semarang,10-Januari-2022.

Bisa menggunakan tanda baca penghubung bisa juga tidak menggunakanya.Anda bisa menggunakan atau memilih untuk menggunakan yang mana.Yang terpenting,untuk penulisan nama tempat dan bulan TIDAK BOLEH disingkat atau hanya menggunakan angka saja.

Memang tidak ada peraturan resmi,hanya saja itu untuk tampilan supaya lebih terlihat rapih.

Nomor 2 ( Tujuan Surat )

Ini adalah bagian untuk menuliskan tujuan proposal lamaranya.Untuk penulisanya biasanya seperti berikut ini :


- Contoh yang benar

Kepada
YTH : Kepala Personalia
PT ......
Jln Ahmad Yani ...
Di Tempat


- Contoh yang salah

Kepada
YTH : Kepala HRD Personalia Perusahaan
PT Adikarsa Jaya Mandiri Jalan Simatupang no 1000 kav 12 nomor 3 gang angsa sumatra......
Di
Tempat

Supaya terlihat rapih dan bagus,usahakan panjang barisnya sama ( jika alamatnya panjang,bisa dipotong menjadi 2 atau 3 bagian ).

Tidak ada kalimat yang terlalu panjang,jadi bisa terlihat rapih antara baris pertama dengan baris dibawahnya.

Nomor 3 ( Pembuka )

Bagian ini berisi pembuka surat.Disini dituliskan salam pembuka,kalimat pembuka sedikit,kemudian data atau biodata diri.

Bentuk kalimatnya biasanya seperti ini ;


Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama
TTL
Alamat
Pendidikan
No Hp


Hanya seperti itu saja sudah cukup.Untuk informasi lain yang lebih detail,anda bisa tuliskan di daftar riwayat hidup nanti.

Nomor 4 ( Isi Surat )

Bagian ini berisi isi atau maksud proposal anda.berhubung ini untuk permohonan pekerjaan,maka kurang lebih isinya seperti berikut :

' Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan '

Padat,singkat dan jelas.Hindari kalimat bertele-tele yang ujung-ujungnya malah membuat proposal anda tidak berbobot atau terkesan tidak formal.

Kalau mau menambahkan POSISI/JABATAN bagaimana?

Jika anda ingin menuliskan posisi atau jabatan yang anda lamar,anda bisa menambahkanya seperti ini :

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai operator/manager/staff pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan '

Hanya seperti itu.

Nomor 5 ( Berkas Lampiran )

Bagian ini berisi berkas yang anda lampirkan dalam amplop coklat.Isinya kurang lebih seperti ini :

- Fotokopi ijasah
- Fotokopi SKHUN
- Fotokopi KTP
- Fotokopi SKCK
- Kartu Kuning
- Daftar Riwayat Hidup
- Surat keterangan sehat dokter
- Transkri Nilai
- Sertifikat pengalaman kerja

Point pentingnya adalah :

Anda HARUS dan WAJIB mencatumkan berkas yang diminta perusahaan.Jangan sampai kurang.

Untuk menambah nilai dimata HRD,anda bisa menambahkan sertifikat pendukung lainya seperti pengalaman bekerja,sertifikat keahlian khusus atau sertifikat lainya.

Nomor 6 ( Penutup )

Bagian ini cukup diisi dengan kalimat penutup saja.Kurang lebih seperti berikut :

' Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih '

Cukup seperti itu,tidak perlu terlalu panjang lebar.

Nomor 7 ( Nama dan Tanda Tangan Pelamar )


Jika sudah,silahkan tuliskan nama lengkap anda dan tanda tangan anda dipojok kanan bawah.Formatnya seperti ini :

Dengan Hormat
tanda tangan anda
Nama Lengkap anda

Struktur lamaran pekerjaan secara baku seperti yang saya jelaskan diatas.Bentuk ini bisa anda gunakan hampir untuk seluruh jenis perusahaan dan untuk semua jenis posisi atau jabatan.

Struktur teks lamaran pekerjaan merupakan point yang terlihat sepele tetapi jika anda tidak tau,maka proposal anda akan kalah bersaing dengan pelamar kerja lainya.Jadi,usahakan untuk membuatnya dengan sebaik mungkin.


FAQ


Apa aja sih bagian-bagian penting yang harus ada di surat lamaran kerja?

Biasanya ada 5 bagian utama: alamat surat, salam pembuka, isi surat (termasuk tujuan melamar dan pengalaman singkat), penutup, dan tanda tangan.

Perlu nggak sih nulis "Kepada" di awal surat?

Sebaiknya sih ditulis. Kalau tahu nama penerimanya, lebih bagus tulis namanya. Kalau nggak tahu, bisa tulis jabatannya aja, misalnya "Kepada Yth. Manajer HRD".

Gimana cara nulis isi surat yang bagus?

Intinya, jelasin kenapa kamu tertarik sama perusahaannya, apa keahlian dan pengalaman kamu yang cocok, dan apa yang bisa kamu kasih ke perusahaan. Jangan lupa sebutin posisi yang kamu lamar.

Panjang surat lamaran kerja idealnya berapa halaman sih?

Usahain satu halaman aja. Kalau kepanjangan, HRD bisa males bacanya. Yang penting isinya padat dan jelas.

Perlu nggak sih nyebutin gaji yang diinginkan di surat lamaran?

Biasanya sih nggak perlu, kecuali perusahaannya minta. Soal gaji biasanya dibahas pas wawancara atau negosiasi nanti.


Dengan memahami struktur surat lamaran kerja dan menerapkan tips di atas, Anda sudah selangkah lebih maju dalam memikat HRD. Ingat, surat lamaran adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat impresi positif. Jadi, berikan yang terbaik!


Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang wow! Selamat mencoba dan sukses untuk karir impian Anda!


Demikian pembahasan tentang Struktur Surat Lamaran Pekerjaan lengkap dengan contohnya.Semoga bisa membantu anda,see uu.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan jika ingin mengetahui apakah sudah dibalas,sering seringlah membuka artikel ini secara berkala.
Latihan Soal Psikotes Online
Latihan Soal Psikotes Online
Artikel Terbaru