Contoh Daftar Riwayat Hidup Bentuk Narasi – Saat seseorang melamar kerja dan mengirimkan surat lamaran, proposal DRH merupakan file yang jangan sampai ketinggalan.
Daftar riwayat hidup ialah sebuah proposal yang berisi ringkasan atau catatan singkat tentang biodata pribadi pelamar kerja. Dengan surat inilah seorang HRD perusahaan menilai atau menyesuaikan data diri anda dengan kriteria yang dicari perusahaan.
Contoh Daftar Riwayat Hidup Bentuk Narasi
Sebenarnya, informasi biodata pribadi telah diterangkan dalam surat lamaran pekerjaan. Tetapi penjabaranya masih kurang lengkap.
Itulah kegunaan dari file daftar riwayat hidup. Untuk menjelaskan informasi biodata diri secara lengkap kepada perusahaan.
Bagi anda yang sedang membuatnya, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan :
1. Pemilihan Cara Penulisan ( Tulis Tangan ataupun Ketik )
Point pertama yang wajib anda fikirkan adalah: mau menggunakan metode tulis tangan atau ketik komputer.
Pemakaian jenis tulis tangan paling pas pengiriman berkas DRH anda langsung misalnya menggunakan pengiriman seperti pos indonesia.
Sedangkan jenis ketikan komputer paling cocok untuk melamar pekerjaan via online.
2. Memilih Design Yang Menarik
Memilih design juga sangat berpengaruh terhadap penilaian HRD perusahaan. HINDARI!! menggunakan design yang terlalu rame.
Alih-alih ingin terlihat estetik, itu justru bisa beresiko menyebabkan nilai tidak bagus dimata HRD perusahaan.
Cukup gunakan design yang simple akan tetapi terlihat rapih.
Yang terpenting itu isinya, bukan design DRH anda.
3. Memilih Tata Bahasa
Pertanyaan yang selalu ditanyakan seorang pencaker adalah :
Lebih baik memakai bahasa indonesia atau bahasa inggris dalam daftar riwayat hidup?
Untuk penggunaan tata bahasa, ada hal penting disini :
– Gunakanlah bahasa inggris HANYA JIKA anda bisa dan faham
– Dilarang menggunakan bahasa inggris jika tujuan terkesan keren padahal anda tidak menguasainya
– Gunakan bahasa indonesia untuk jenis lebih umum dan minim resiko.
4. BIODATA Harus VALID
Valid disini artinya : Bahwa data yang anda terangkan dalam DRH iadalah benar dan mampu dipertanggung jawabkan.
Banyak job seker yang membuat kekeliruan ketika menuliskan data data yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Misalnya saja yang erat kaitanya dengan SERTIFIKAT kompetensi.
Karena ingin nampak bahwa anda memiliki skill lebih dari rata-rata, banyak yang menuliskan informasi palsu, dimana sebenarnya mereka tidak menguasainya.
Dilarang untuk dilakukan, karena HRD tentu sangat mengerti bagaimana menilai itu palsu atau asli.
5. Tonjolkan SKILL Anda
Kemampuan ialah keahlian spesifik yang dimiliki yang tak banyak dimiliki orang umum. Jika sesuai dengan kebutuhan perusahaan, itu semakin baik.
Harus anda ingat, ini sejalan dengan point nomor 4 dimana ( anda tidak diperbolehkan mencantumkan data palsu ) karena kalau HRD meminta ditunjukan langsung, itu akan menjadi mimpi buruk untuk anda.
Bentuk skill khusus antara lain :
– Mampu mengendalikan alat berat
– Dapat mengendalikan forklift
– Mampu berbahasa asing
– Ahli dalam ilmu mesin
Dan masih banyak contoh lain.
6. Jabarkan Pengalaman Kerja
Kalau anda punya pengalaman kerja, ini sangat membantu. Jabarkan dengan terperinci pengalaman kerja yang pernah anda lakukan.
Semakin sesuai pengalaman akan semakin sempurna.
Jabarkan job desk dari pengalaman anda sebelumnya. Jika bisa secara detail supaya HRD berfikir anda mampu untuk diterima bekerja.
7. Penulisan Prestasi
Anda dapat menambahkan prestasi yang sudah anda raih. Ini berguna kalau anda tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya.
Prestasi bisa juga menambah penilaian HRD kepada pribadi anda. Tetapi tuliskan prestasi yang sesuai saja.
Contoh Daftar Riwayat Hidup Bentuk Narasi Yang Sudah Jadi
Dari bentuk diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa : Hal terpentingnya sama saja. Anda hanya tinggal menyesuaikan seperti dengan biodata pribadi anda.
BACA JUGA :
Sekian penjelasan tentang Contoh Daftar Riwayat Hidup Bentuk Narasi, see uu.
Posting Komentar