fZ0wnZo24KnAqSacFaUvGbpSgxuSq9CFoTlwnowj

Bentuk Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Jadi

 Bentuk Surat Lamaran Kerja-Good day para pencari informasi loker! Mimin harap tak menyerah ya sewaktu mencari kerjaan yang didambakan. Nah, malam ini aku ingin ngobrol santai soal topik yang kayaknya urgent banget buat member semua: step bu step kirim file lamaran kerja melalui e-mail. Udah nggak masanya lagi nih ngirimin lamaran gunakan amplop dan perangko. Saat ini eranya serba canggih, jadi kita juga patut pinter-pinter menggunakan teknologi buat kirim dokumen pekerjaan.


Melainkan jangan salah tafsir, kirim file via surel itu ada langkah-langkah lho. Banyak yang masih kebingungan gimana sistem biar berkas lamaran kawan dibaca sama personalia, bukan malahan nyasar nyangsang ke email spam. Itu dia, yuk kita bahas tips akuratnya!



Bentuk Surat Lamaran Kerja

Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Jadi


Tutorial Sebelum kirim dokumen Lamaran

Sebelum ngebuka komputer jinjing dan mulai merangkai surat elektronik, ada sebagian hal yang sepatutnya kita siapin dahulu nih:


1. Berkas yang Harus Disiapkan:

- Pastiin kawan udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:

- Foto terkini yang mantap (jangan selfie ya!)

- Scan KTP

- Akta lamaran kerjaan

- Daftar riwayat hidup

- Scan ijazah dan transkrip poin

- Domisili pensupport (sekiranya ada)


2. Scan Berkas dengan Formal

- Nah, seluruh dokumen tadi sepatutnya di-scan dengan rapi. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.

- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, mengikuti permintaan PT.

- Tip: Save dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jika berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Elektronik Figur yang Profesional

- Cek lagi nih, domisili e-mail kau udah look profesional belum?

- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com

- Hindari pemakaian surat elektronik zaman alay kayak "ahsancowokcool123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirimin Surat

- Dikirimkan lamaran ketika jam kerja, kira-kira pukul 08.00 - 13.00

- Dipastikan juga lowongan yang kita didambakan masih tersedia.


 

Langkah-Langkah Ngirimin Lamaran lewat Email


Figur

Oke, sekarang sohib masuk ke point serunya nih. Ini caranya kirim lamaran yang bener:


1. Signin ke Akun Elektronik

- Masuk aplikasi, akses ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sohib pake).

- Masukkan nama akun dan kata sandi. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'

- Cari icon buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Email Perusahaan

- Double check domisili surelnya. Jika salah satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Surel

- Pas: "Lamaran Pekerjaan - Admin - Mulyanti"

- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surel (Body)

- Ini point pentingnya! Tulis dokumen lamaran segera di body surel.

- Jangan terlalu panjang, yang penting padat dan menarik.


6. Upload Surat

- Klik gambar 'attach' atau 'lampirkan'.

- Pilih surat yang udah sohib siapin tadi.

- Dipastikan ukuran semuanya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya

- Baca betul isi e-mailnya, cek typo.

- Pastiin seluruh surat udah bener.


8. Kirim dan Berdoa

- Klik icon 'Kirim' dan selalu berdoa agar dokumen dibaca sama recruitment!


 

Model isi Lamaran Kerja


Nah, biar makin mudeng, nih gue beri teladan isi surel lamaran pekerjaan yang bisa kawan contek (tetapi disesuaikan ya!):


Tempat

Yth.

Bapak/Ibu kepala personalia PT ....

di Tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan berita lowongan kerja yang aku baca via FB Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Februari 2023, dengan ini aku:


Pengajaran: Rahmat Adi

Daerah & Tgl. Lahir: Malang, 11 April 1993

Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)

Lokasi lengkap: Jl. Mawar, Dusun bangkal, Desa Sari Anom, Kec. Ruma, Kab. Semarang

No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......

Aku mempunyai pengalaman kerja di posisi teknologi selama 2 tahun dan merajai pelbagai aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku kirimkan berkas berikut:

1. Nilai Foto Sertifikat

2. Curriculum Vitae

3. Scan KTP

4. Scan Ijazah

5. Scan Transkrip Pendukung

6. Scan Domisili Aku

7. Scan Domisili TOEFL


Saya ingin Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih mendetail mengenai potensi yang aku miliki.

Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,

Andi Syahputra



Gunakan Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran

- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan

- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jikalau Bahasa yang Profesional

- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!

- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Jarang bantu temen atau keluarga buat baca juga apabila perlu.


5. Follow Up

- Wajib udah seminggu belum ada berita, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.



Alamat yang Surat Terjadi (Dan Bila Dihindari!)


1. Typo di Surel Model Perusahaan

- Ini nih yang paling kerap bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar

- Sepatutnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.


3. Subjek Contoh yang Nggak Model

- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email

- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau malahan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja

- Wajib ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.



Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja via surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin mendetail-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu ialah peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari kabar lowongan dari bermacam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran seketika atau via situs mereka sendiri.


Semoga kiat-kiat Bentuk Surat Lamaran Kerja tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan jika ingin mengetahui apakah sudah dibalas,sering seringlah membuka artikel ini secara berkala.
Artikel Terbaru